Musyawarah Sosialisasi Pembagian Beras Sejahtera (Rastra) Gratis Sempat Memanas

Ditulis : Jumat, 2018-02-09 - 18:58:15

Musyawarah Sosialisasi Pembagian Beras Sejahtera (Rastra) Gratis Sempat Memanas

Desa Labuhan Ratu V - Musyawarah Sosialisasi Pembagian Beras Sejahtera (Rastra) Gratis Untuk Masyarakat Kurang Mampu di Balaidesa Labuhan Ratu V (07/02/2018) yang dihadiri Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Ketua Rukun Tetangga (RT), Ketua LPMD, Anggota BPD, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Masyarakat RTS-RTM.

Pada sambutannya Kepala Desa Labuhan Ratu V Bp. Sudarmanto mengungkapkan "Tahun Dua Ribu Delapan Belas Pemerintah mengalokasikan beras sejahtera atau biasa disebut Rastra untuk masyarakat kurang mampu (RTS-RTM) secara GRATIS tanpa ada pungutan apapun".

Dengan di Gratiskannya Beras Sejahtera (Rastra) mulai tahun ini ada beberapa tanggapan dari beberapa tokoh masyarakat dan pamong desa mengenai progam pemerintah tersebut, mengingat tahun sebelumnya masyarakat dikenakan biaya Rp. 1.600/Kg.

"Beras miskin atau sekarang dikenal Beras Sejahtera (Rastra) harus di salurkan sesuai data RTS-RTM di Desa Labuhan Ratu V, kalau pembagian tidak sesuai dengan data RTS-RTM yang menerima Rastra berarti memakan Hak orang miskin. Ujar Bp. Herwandi selaku Masyarakat Dusun IV (Umbul Kacang).

"Beras Rastra Harus disalurkan/diberikan kepada yang berhak (Masyarakat miskin/kurang mampu) tolong ditinjau lagi masyarakat yang masuk dalam daftar RTS-RTM berjumlah 219 KK itu sudah layak menerima atau belum, kalau diantara 219 data RTS-RTM sudah memiliki ekonomi yang dapat dikategorikan tidak layak menerima rastra tolong dihapus diganti dengan masyarakat yang benar-benar layak menerima rastra tersebut. karena kita tahu banyak masyarakat yang seharusnya mendapatkan hak nya tapi belum terdata sebagai RTS-RTM penerima bantuan beras sejahtera. Ujar Sdr. Humaidi atau yang akrab disapa OOM.

Menanggapi berbagai masukan dari tokoh-tokoh masyarakat  "Sebenernya bumerang bagi kita dengan adanya beras sejahtera dari pemerintah daerah, karena menurut undang-undang yang berlaku rastra harus diberikan kepada masyarakat yang terdaftar pada RTS-RTM sedangkan kuota masyarakat yang termasuk RTS-RTM itu hanya 219 KK sedangkan kita ketahui bersama masyarakat kita banyak yang seharusnya layak menerima bantuan beras sejahtera. kalau kita berikan sesuai data RTS-RTM banyak masyarakat kita yang tidak mendapatkan bantuan, kalau kita berikan merata kepada masyarakat kita menyalahi undang-undang yang berlaku karena beras sejahtera harus diberikan kepada masyarakat yang terdata dalam kategori RTS-RTM. Kalau kita ambil kita ribut dengan masyarakat antara yang menerima bantuan dengan yang tidak menerima bantuan, kalau kita tidak mengambil Rastra kita bersinggungan dengan Pemerintah. tanggapan dari Bp. Kepala Desa Labuhan Ratu V.

Musyawarah sempat memanas ketika para tokoh masyarakat berdebat dan menguatkan argumen masing-masing mengenai Beras sejahtera, akhirnya dengan keputusan bersama dan tanpa merugikan berbagai pihak disepakati "Bahwa Beras Sejahtera (Rastra) diberikan kepada masyarakat yang terdaftar dalam RTS-RTM dengan Evaluasi ulang apakha Masyarakat tersebut layak mendapatkan bantuan dan menambahkan masyarakat yang memang benar-benar layak mendapatkan Beras Sejahtera".

 

Admin : Agus Prianto

 

 

 

LABUHAN RATU V